Jenis jenis erosi dan dampaknya

Erosi adalah  proses pengikisan suatu objek benda atau material yang di sebabkan oleh banyak faktor alam. Faktor-faktor yang menyebabkan erosi beberapa contoh secara sederhana adalah erosi angin di daerah bebatuan , secara lambat laun bebatuan yang diterpa angin akan terkikis ( erosi ) akan berubah menjadi gurun pasir yang tandus dan kering kerontang.
Erosi dibagi enjadi beberapa jenis, jenis erosi terbagi oleh penyebab dan sebab akibat suatu fenomena atau gejala alam, Pembagianya seperti di bawah ini:

1. Erosi Ablasi
Erosi ablasi adalah erosi yang di sebabkan oleh faktor hentakan air dan aliran air yang mengikis secara perlahan suatu objek atau material yang dilaluinya. Contoh ablasi: Pada suatu daerah pegunungan terdapat sebuah sungai yang mengalir diantara pegunungan dan perbukitan, pada saat banjir datang air akan menghepas dan mengikis semua objek material yang ada di aliran sunga tersebut secara berlahan seiring perubahan waktu.
Dampak dari erosi ablasi adalah Pelebaran aliran sungai hal ini karena daerah pinggiran sungai materialnya dibawa ke dataran yang lebih rendah, dan Pembentukan daerah delta di muara sungai. Hal ini terjadi karena material yang dibawa ke bagian muara mengumpul menjadi satu membentuk sebuah dataran baru yang disebut delta contoh delta yang terkenal adalah delta sungai Mekong

2. Erosi Deflasi
Erosi deflasi adalah erosi yang di sebabkan oleh faktor hentakan angin dan material mikroskopik yang terbang bersama angin yang mengikis secara perlahan suatu objek material khususnya benda padat yang di laluinya contohnya: erosi angin ( Deflasi) di daerah bebatuan , secara lambat laun bebatuan yang diterpa angin akan terkikis ( erosi ) akan berubah menjadi gurun pasir yang tandus dan kering kerontang.
Dampak dari erosi deflasi adalah meluasnya daerah gurun pasir di daerah yang memiliki banyak batuan, Hal ini di sebabkan karena Batuan secara perlahan terkikis menjadi butiran debu-debu halus atau berubah menjadi pasir yang tandus, dan Bertambahnya suhu udara karena dampak perluasan gurun pasir yang disebabkan oleh erosi ablasi.

3. Erosi Korosi
Erosi Korosi adalah erosi yang disebabkan oleh faktor percampuran Air dan zat kimia yang menguap ke udara yang menghasikan hujan asam yang akan mengikis material padat yang berupa logam contoh dari hasil reaksi korosi adalah
Fe ( feron ) -> Fe2 ( AQ) + 2e ( elektron )
Elektron yang akan dilepaskan oleh besi dalam proses korosi sebagai berikut:
O2 ( oksigen ) + 4H+ ( Hidrogen ion positif) + 4e ( elektron ) < > 2H ( Hidrogen ) 2O (Oksigen)
Dampak dari Korosi adalah Pengkaratan benda atau material yang terdiri dari beberapa loha seperi besi, seng Dan lain-lain.

4. Erosi Abrasi
Erosi Abrasi adalah proses pengkikisan suatu objek benda atau material yang terdapat di bibir pantai yang di sebabkan oleh hentakan air laut yang di sertai oleh materi materi kecil yang terbawa bersama ombak air laut
Dampak dari erosi ablasi adalah: terkikisnya lahan yang terdapat di daerah bibir pantaii yang menyebabkan penurunan permukaan tanah yang akhirnya menyebabkan banjir air laut atau rob saat ter jadi pasang air laut.

5. Erosi Eksarasi
Erosi Eksarasi adalah suatu proses pengkikisan suatu objek benda atau material yang di sebabkan oleh hentakan dari geyser atau air es yang mencair. Contoh dari erosi Eksarasi sering yang terdapat di daerah pegunungan tinggi seperti di daerah hilmalaya.


Sekian dari saya tentang jenis-jenis erosi dan dampaknya dan saya ucapkan terimakasih karena telah membaca.

Post a Comment